Visi dan Misi

Visi:

“TERCIPTANYA PASAR TRADISIONAL SEBAGAI PUSAT PEMBERDAYAAN EKONOMI RAKYAT DAN SUMBER PENDAPATAN ASLI DAERAH”

 

Misi:

1.     Menjadi Perusahaan Daerah yang memiliki manajemen pengelolaan & pelayanan Pasar yang dihandalkan.

2.     Menciptakan Pasar yang Bersih, Indah dan Nyaman, diakui oleh masyarakat khususnya pedagang dan pengguna pasar.

3.     Melakukan penataan dan pembenahan kios, los, pelataran dan fasilitas umum sebagai sumber potensi pendapatan jasa pelayanan pasar.

4.     Menciptakan pasar sebagai pusat pemberdayaan ekonomi rakyat.

5.     Melaksanakan Sistem Informasi Manajemen pengelolaan pasar secara professional.

6.     Melaksanakan program pengembangan pelayanan pasar seiring teknologi yang mampu menyajikan laporan yang berkaitan dengan sumber pendapatan pasar.

7.     Menyelenggarakan penerimaan jasa pelayanan dan perawatan pasar yang baik dan didukung informasi teknologi yang memadai.

8.     Menciptakan pelayanan secara terpadu sesuai harapan masyarakat khususnya pedagang dan pengguna pasar.

9.     Meningkatkan sumber pendapatan dari Pasar yang akhirnya akan bermuara sebagai PAD Pemerintah Kota Kediri.

 

 

 

A.    KONDISI PASAR TRADISIONAL

1.     Fakta menunjukkan bahwa pasar daerah (tradisional) yang ada saat ini merupakan:

Pusat dimana sebagian masyarakat mencari penghasilan dengan melakukan aktivitas sebagai pedagang maupun sebagai pekerja/penjual jasa yang membuktikan kegiatan perdagangan di pasar seperti; pekerja bongkar muat, penyedia transportasi (abang becak, ojek, dll); kenyataan ini menunjukkan bahwa pasar mampu menjadikan dirinya sebagai penyedia/pencipta lapangan kerja dan sebagai pusat pemberdayaan ekonomi.

 

Selain itu sebagai pusat dimana sebagian masyarakat mencari dan mendapatkan kebutuhan hidup sehari-hari, baik yang didapat dengan menjual maupun membeli langsung di pasar maupun yang diantar melalui penjual jasa perantara (bhs jawa: bakul etek).

 

2.     Berkaitan dengan upaya melayani dan memberdayakan pasar sebagai pusat perekonomian masyarakat sebagaimana diuraikan diatas maka sebagai relasi/konsekwensi logis dari upaya pelayanan pemberdayaan masyarakat pasar diatas; Pemerintah Kota Kediri melalui Perusahaan Daerah Pasar sebagaimana ketentuan perundangan yang berlaku mempunyai hak untuk menarik biaya/jasa pelayanan pasar.

 

3.     Dari fakta dan kondisi riil yang dipaparkan diatas maka penjabaran visi diatas ditetapkan dalam rumusan sebagai berikut:

 

a.      Peningkatan peran dan nilai strategis pasar daerah (tradisional) Kota Kediri sebagai pusat pemberdayaan ekonomi masyarakat.

b.     Pusat tersedia dan terciptanya lapangan kerja.

c.      Pusat sumber pendapatan/penghasilan masyarakat.

d.     Pusat penyediaan kebutuhan pokok masyarakat.

e.      Pusat terciptanya sumber-sumber pendapatan asli daerah melalui peran serta/partisipasi masyarakat membayar jasa pelayanan pasar.

 

B.    RENCANA KERJA DAN KEGIATAN PD PASAR KOTA KEDIRI

(Grand Opening)

1.     Bulan Juni 2010 – Nopember 2010

Pelaksanaan penataaan dan sosialisasi dimulainya manajemen pengelolaan dan pelayanan Pasar oleh Perusahaan Daerah Pasar Kota Kediri terdiri:

a.         Menyusun dan merencanakan manajemen PD. Pasar agar dapat menggerakkan potensi di setiap pasar.

b.         Pendataan dan pemetaan potensi dan kondisi pasar.

c.         Sosialisasi manajemen PD Pasar Kota Kediri kepada karyawan pasar.

d.         Sosialisasi manajemen PD Pasar Kota Kediri kepada paguyuban pedagang.

e.         Penyesaian masalah penempatan pedagang ex pasar aloon-aloon yang ditempatkan di lantai dua Pasar Pahing.

 

C.    Penataan manajemen kantor:

1.     Melakukan pembenahan kantor dan melengkapi kebutuhan sarana dan prasarana kantor.

2.     Mengatur petugas sesuai job yang telah ditentukan.

3.     Menyusun rencana tata cara pelaporan agar mampu menyajikan laporan sesuai yang diharapkan semua pihak.

4.     Menciptakan dan membuat system informasi manajemen dengan teknologi yang memadai dan mampu menyajikan laporan yang akurat.

D.    Pelaksanaan penataan dan pembenahan Pola Pelayanan Pasar dalam rangka terciptanya pasar yang tertib, bersih, aman dan indah; terdiri:

1.     Penertiban lalu lintas dan pengaturan parker.

2.     Penertiban kegiatan kebersihan pasar.

3.     Pembenahan fasilitas kebersihan dan MCK

4.     Pembenahan jaringan dan pemakaian sumber daya listrik Pasar.

5.     Melakukan rapat koordinasi dengan Kepala Pasar untuk membahas tariff jasa pelayanan pasar.

 

E.     Penataan dan pemberdayaan potensi pasar terdiri:

1.     Pemberdayaan pemakaian kios yang tersedia untuk kegiatan perdagangan.

2.     Pemberdayaan pemakaian kios Pasar Pahing.

3.     Pembenahan tangga akses ke lantai dua Pasar Pahing.

4.     Pemberdayaan fasilitas dan potensi pasar sebagai sumber pendapatan.

 

F.     Penataan kinerja karyawan PD.Pasar terdiri:

1.     Penetapan jam kerja sesuai dengan kinerja manajemen Perusahaan Daerah Pasar.

2.     Penetapan tugas pokok bagi semua karyawan pasar sesuai fungsi masing-masing.

3.     Pembuatan ketentuan dan pengawasan pelaksanaan jam kerja bagi seluruh karyawan.

4.     Pembenahan remunasi/gaji karyawan/direksi dan Badan Pengawas.